Posted by : Agung Dermawan Senin, April 23, 2012


2.1 PENGERTIAN PENDERITAAN


Assalamualaikum Wr Wb

Pada pembahasan kali ini penulis mengangkat tema mengenai hubungan manusia dengan penderitaan , manusia sangat berpotensi mengalami penderitaan karena manusia merupakan mahluk sosial yang terkadang mengalami penderitaan dari orang lain maupun penderitaan yang disebabkan oleh dirinya sendiri .

Pengertian penderitaan itu sendiri adalah suatu perasaan tidak nyaman dan tertekan akan suatu kondisi dimana kondisi tersebut dapat disebabkan oleh lingkunagn sekitar ataupun disbabkan oleh dirinya sendiri .

Penderitaan yang disebabkan oleh lingkungan dapat disebabkan oleh suatu sikap yang dianggap tidak sesuai dan kurang dapat diterima oleh lingkungan sekitarnya dan memungkinkan lingkungan tersebut memberikan suatu sanksi sosial yang membuatnya menderita dan mengalami penderitaan sedangkan penderitaan yang disebabkan oleh diri sendiri adalah apabila seseorang kurang mengoptimalkan dan kurang peka terhadap kemampuan yang dimiliki sehingga ia tidak bisa membawa dirinya menjadi pribadi yang sukses dan justru membawa dirinya menyesal dan menderita atas perbuatannya itu .


2.2 PENDERITAAN DAN PERJUANGAN

Penderitaan dan perjuangan dapat dikatakan hampir memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya karena jika seseorang sedang mengalami suatu perasaan yang tidak nyaman/menderita maka sesorang tersebut harus mencari jalan keluar yang mampu membawa dirinya keluar dari penderitaan itu dan tentunya harus dengan perjuangan yang amat keras dalam prosesnya .

Kita ambil contoh dalam bidang Teknik Informatika , saat seorang mahasiswa kurang memahami suatu materi perkuliahan maka mahasiswa tersebut harus melakukan suatu hal yang mampu membuatnya memahami materi tersebut dengan cara bertanya langsung ke dosen atau dapat juga bertanya kepada rekan mahaiswa lain yang sudah menguasai betul materi tersebut .  Dari contoh tadi secara tidak langsung mahasiswa tersebut sedang berusaha untuk membawa dirinya dari penderitaan akan ketidakmengertian materi sehingga ia berjuang untuk bertanya kepada dosen / rekan mahasiswa lain demi keluar dari penderitaan tersebut .


2.3  PENDERITAAN , MEDIA MASA DAN SENIMAN

Sama halnya dengan penderitaan dan perjuangan , penderitaan beserta media masa dan seniman juga saling berhubungan bila dlilihat dari prosesnya .  Jika sesorang tengah mengalami penderitaan berarti ia sedang berada dibawah dan sebaik- baiknya yang dilakukan bukan hanya diam dan menunggu penderitaan tersebut hilang tapi justru melakukan suatu usaha yang membuatnya kembali ke atas .

Kita dapat ambil contoh lagi sebagai mahasiswa yang bergerak dibidang Teknik Informatika , pada saat mahasiswa diperintahkan oleh dosen untuk menciptakan suatu karya yang belum pernah ada sebelumnya maka yang ada difikiran mahasiswa adalah bagiamana cara membuat suatu karya meskipun ia belum paham betul cara-cara membuat suatu karya namun mahasiswa tersebut slalu berusaha untuk mengerjakan sambil bertanya kepada mahasiswa lain yang sudah memahami seluruh isi materi hingga pada akhirnya mahasiswa tersebut mampu membuat karya yang belum ada sebelumnya sehingga menarik perhatian khalayak ramai untuk melihat karyanya tersebut .

Dari contoh diatas dapat diambil kesimpulan bahwa  mahasiswa tersebut sadar akan kEkurangan yang ia miliki namun ia ydiak begitu saja menyerah dengan keaadaan yang ada tapi ia berusaha mengerjakan tugasnya hingga ia berhasil menyelesaikannya dan menjadi seorang seniman/profesi lainnya serta karyanya diminati oleh orang banyak melalui media masa .
 
     2.4  PENDERITAAN DAN SEBAB-SEBABNYA

Manusia dilahirkan tidak sempurna , manusia sangat erat dengan kelemahan dan kelebihan . Tak jarang orang yang memiliki kelemahan dalam artian kekurangan fisik jauh lebih sukses dibandingkan orang yang fisiknya baik .

Namun ada beberapa penyebab mengapa seseorang mengalami penderitaan (di bidang TI)

1.  Kurang mengoptimalkan segala kemampuan yang ada 

2.  Sadar akan kekurangannya namun belum siap untuk meningkatkan
     kekurangannya tersebut

3.   Sadar akan kekurangannya dan tahu cara meningkatkan keurangannya itu
      namun menundanya dengan alasan yang kurang logis .

4.   Mengetahui kekurangannya namun terus menggantungkan dirinya kepada teman yang lebih mampu .


2.5 PENGARUH PENDERITAAN

Penderitaan akan membawa pengaruh bagi seseorang jika penderitaan tersebut tidak kunjung dicarikan solusinya , pengaruh-pengaruh akibat penderitaan yaitu :

1.    Mengakibatkan kurang percaya diri terhadap kemampuan dirinya sendiri .

2.    Selalu menganggap bahwa dirinya tidak bisa apa-apa

3.    Jauh dari lingkungan sekitar

4.   Tidak melakukan hal yang membawanya ke arah yang lebih baik tapi justru
      melemah dengan keadaan yang ada .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Folowers

About Me

Foto Saya
Agung Dermawan
studied hard !
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Popular Post

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Welcome to thomfilezone -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -