Posted by : Agung Dermawan Selasa, April 17, 2012

1.1 KEINDAHAN

Assalamualaikum Wr Wb ,

Pada pembahasan kali ini penulis mengangkat tema Manusia dan keindahan yang dapat dikatakan saling mempengaruhi satu sama lainnya karena apabila seseorang dapat menciptakan sebuah keindahan berarti orang tersebut juga termasuk seseorang yang indah begitu juga dengan keindahan semakin terlihat indah suatu lingkungan maka yang akan dinilai indah oleh orang lain adalah orang yang memiliki lingkungan tersebut .

Adapun pengertian dari keindahan itu sendiri adalah suatu sifat yang dapat digambarkan dan dirasakan oleh suatu akal pikiran akan sebuah ketenangan dan kebahagiaan sebagai akibatnya . Sama halnya dengan suatu pekerjaan yang kita pilih sebagai profesi kita nantinya , kita ambil contoh pekerjaan di bidang Teknk Informatika  , dengan profesi yang kita pilih tersebut akan mendorong kita untuk melakukan hal yang membuat kita sukses dibidang tersebut dan tentunya didalam prosesnya diiringi perasaan ketenangan dan kebahagiaan karena hal tersebut adalah atas dasar pilihan kita selain itu akan mendapatkan sebuah keindahan pada waktunya dari jerih payah yang kita lakukan.

Didalam keindahan tersebut terdapat dua unsur yang melekat didalamnya yaitu keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan keindahan sebuah benda tertentu yang indah .

1) Keindahan Sebagai Suatu Kualitas Abstrak

Keindahan dapat diartikan juga sebagai suatu kualitas yang bersifat abstrak karena pada saat kita menyebutkan kata "keindahan' tersebut kepada orang lain maka keindahan tersebut sudah dapat dibayangkan didalam fikiran kita dan hal tersebutlah yang membuat keindahan bersifat abstrak .

2) Keindahan sebuah Benda Tertentu Yang Indah

Keindahan dapat diiibaratkan sebuah benda yang tentunya bersifat indah dan mengindahkan manusia yang menciptakannya karena dari indah yang dihasilkan itu mampu membuat manusia merasa nyaman didalamnya .

Keindahan dalam arti luas dapat berarti dalam kehidupan sehari-hari kita yaitu keindahan  pada saat menolong seama , keindahan pada saat bekerja sama dalam hal yang positif , jadi keindahan dalam arti luas adalah suatu perasaan yang timbul akibat kita melakukan suatu hal yang orang lain butuhkan sehingga akan menimbulkan suatu perasaan tenang dan senang baik dalam melakukannya maupun pada saat kita telah melakukannya.

Keindahan memiliki dua nilai :

a. Nilai Intrinsik

Sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk suatu hal lainnya yaitu bersifat sebagai alat .

b. Nilai Ekstrinsik

Sifat baik dari benda yang bersangkutan atau suatu tujuan ataupun demi kepentingan itu sendiri .

1.2 RENUNGAN

Dri pembahasan kali ini penulis mendapatkan sebuah inti yang sangat jelas , kita dapat merenungkan kepada diri kita apakah kita sudah mampu menerapkan keindahan di lingkungan kita atau apakah kita telah mampu berbagi keindahan terhadap sesama kita .

Jika belum , marilah kita menjadi seseorang yang mampu membagi keindahan bagi sesama kita dan berusaha menjadi pencipta keindahan bagi lingkungan dan bagi sesama kita agar kita senantiasa menjadi orang yang indah .

1.3 KESERASIAN

Dalam menciptakan suatu keindahan diperlukan sebuah keserasian antara manusia dan keindahan itu sendiri , jika manusia sudah mampu menciptakan keindahan bagi dirinya sendiri maka ia hanya tinggal menerapkannya kedalam lingkungannya untuk diperindah.

Keserasian itulah yang amat sangat diperlukan karena hal tersebut ibarat sebuah sistem yang saling berkaitan satu sama lainnya , apabila salah satu terpisah maka keindahan tersebut tidak akan tercipta .

1.4 PENUTUP

Demikian yang dapat penulis sampaikan , penulis hanya dapat berharap agar dengan diangkatnya topik ini dapat merangsang kita untuk menjadi pribadi yang gemar menebar keindahan bagi sesama dan bagi lingkungan sekitar kita sehingga kita menjadi seseorang yang indah dimata sesama maupun indah dimata Tuhan .

Kurang lebihnya penulis mohon maaf ,

Wassalamualaikum Wr Wb


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Folowers

About Me

Foto Saya
Agung Dermawan
studied hard !
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Popular Post

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Welcome to thomfilezone -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -