Posted by : Agung Dermawan Selasa, Juli 03, 2012

Assalamualaikum Wr Wb 

Pada penulisan kali ini penulis ingin memberikan sebuah penjelasan mengenai bahasa pemrograman yang sudah cukup lama berkembang yakni Pascal . Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi / High Level Leanguage yang dirancang untuk segala keperluan . 

Bahasa pemrograman ini mulanya dirancang oleh Prof Niklaus Wirth dari Technical University yang berada di Zurich . Sedangkan nama Pascal itu sendiri diberikan oleh Prof Niklaus Wirth sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal yaitu seorang ahli matematik dan philosopi terkenal dari abad 17 di Perancis .

A. TIPE DATA PASCAL

Hampir sama dengan bahsa pemrograman lainnya , di dalam pascal ada beberapa tipe data diantaranya :

* INTEGER

Tipe data integer merupakan sebuah tipe data yang berupa bilangan bulat yaitu 1,2,3 dan seterusnya .

* REAL

Jika integer merupakan sebuah bilangan bulat maka real adalah lawan dari integer karena tipe data real adalah tipe data yang berupa bilangan desimal / bilangan yang mengandung tanda koma .

* STRING

Tipe data string merupakan tipe data yang menyimpan sebuah karakter didalamnya dan yipe data ini sangat mudah dikenali karena tipe data string adalah tipe data yang diapit oleh tanda kutip ('string').

B. STRUKTUR PEMROGRAMAN PASCAL

Di Pascal ada suatu struktur atau dapat dikatakan badan program yang terdiri dari dua bagian diantaranya Judul Program dan Blok Program . Dalam blok program ada dua bagian lagi yakni bagian deklarasi dan bagian pernyataan , bagian deklarasi terdiri dari deklarasi label , deklarasi konstanta , deklarasi tipe , deklarasi variabel , deklarasi prosedur dan deklarasi fungsi .

Pada saat kita hendak membuat suatu program menggunakan pascal bagian Judul program boleh saja tidak tertulis atau tidak ada karena pada pascal judul program bersifat tidak harus dan hanya bersifat menegaskan akan program yang akan kita buat .

Dalam pascal yang paling terpenting adalah pada saat mendeklarasikan variabel , pada saat kita membuat program kita terlebih dahul harus mendeklarasikan variabel yang akan digunakan didalam program yang akan kita buat itu , contoh :

--------------------------------------------
Var                       (*Deklarasi Variabel)
A,B : Integer;
C : Real;                                          
Begin                                              (* Statemen mulai)
Writeln('Program Penjumlahan');  (* Proses Mencetak kata yang diapit tanda kutip)
Write('A = ');read(A);                    (* Proses Penginputan terhadap variabel A dan B)
Write('B = ');read(B);
C := A + B;                                    (* Proses perhitungan antara variabel A dan B)
Writeln('A + B = ',C:3:0);           (* Mencetak kata yang diapit dan memanggil variabel C)                 
End.
--------------------------------------------

Pada contoh diatas terdapat tulisan "Var" yang berarti kita sedang mendeklarasikan variabel , variabel yang kita gunakan dalam program tersebut adalah variabel A,B yang bertipe data integer dan C yang bertipe data real . 

Selanjutnya didalam pascal kita harus selalu menggunakan kata "Begin" dan "End" untuk memulai dan mengakhiri program , lalu terdapat perintah "Writeln(''Program Penjumlahan') untuk mencetak kalimat yang diapit oleh tanda kutip yaitu Program Penjumlahan .

Selanjutnya terdapat perintah menginputkan nilai dari variabel A dan B yang dilakukan oleh user itu sendiri lalu bilangan yang diinput akan langsung disimpan ke dalam masing-masing variabel .

Diabawah statement input terdapat sebuah rumusan C := A + B yang berarti bahwa variabel C menyimpan hasil perhitungan antara variabel A dan B yang telah diinput oleh user lalu mencetak hasilnya dengan menggunakan perintah "Writeln('A + B = ',C:3:0)" , maksud dari "C:3:0" adalah untuk memformat hasil dari variabel C agar tidak terjadi angka yang eksponen atau angka yang memiliki banyak bilangan dibelakang koma .

Berikut hasil dari program tersebut jika dijalankan :


Itulah contoh program sederhana yang bisa penulis sampaikan , dari contoh diatas kita dapat mengambil garis besar yaitu :

1. Program Pascal selalu diawali dengan deklarasi variabel yang sesuai
2. Pascal selalu diawali dengan Begin dan End.
3. Untuk mencetak suatu kata atau kalimat kita dapat menggunakan perintah "write" (untuk tidak

     pindah ke baris baru) dan "writeln" (untuk mencetak di baris baru) .

4. Pascal selalu menggunaka ";" / titik koma diakhir statement .

Baik , Jika anda merasa tertarik untuk mencoba bahsa pemrograman pascal ini anda dapat mendownloadnya di sini:



Selamat Mencoba !!
Wassalamualaikum Wr Wb .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Folowers

About Me

Foto Saya
Agung Dermawan
studied hard !
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Popular Post

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Welcome to thomfilezone -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -