Posted by : Agung Dermawan Minggu, Maret 04, 2012

A. PENDAHULUAN

a)  Latar Belakang

Pada pembahasan kali ini kita akan mengupas satu-persatu tentang mahluk yang paling sempurna di dunia ini yaitu manusia . Kita telah mengetahui bahwasanya manusia adalah suatu mahluk yang memiliki kelebihan dari mahluk lainnya , kelebihan tersebut adalah sebuah akal yang dimana dari sebuah akal itulah akan tercipta suatu pemikiran tentang bagaimana melakukan suatu tindakan yang mencerminkan kesopan santunan namun tetap tidak melupakan kebudayaanyang ada .

Adapun definisi dari hakikat manusia itu sendiri adalah suatu individu yang kelangsungan kehidupannya dan perkembangannya sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial yang berada disekelilingnya sehingga manusia terdapat dua potensi yang menyebabkan dirinya melakukan hal baik dan hal buruk baik terhadap dirinya maupun terhadap orang lain .

b) Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan penulisan ini adalah untuk membahas secara umum tentang manusia dan hakikatnya dan diharapkan dengan selesainya penulisan ini pembaca dapat lebih mengetahui lagi fakta tentang manusia dan hakikatnya sesuai dengan yang tecantum pada blog ini .

Berikut adalah pembahasan mengenai hakikat manusia dalam kehidupan :


B . ISI

Ada beberapa hakikat yang sangat melekat pada diri manusia pada umumnya , hakikat tersebut adalah :

a)  Makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya 

Dapat diartikan bahwa tiap masing-masing manusia pada hakikatnya memiliki tenaga baik tenaga di dalam fisik maupun tenaga psikis yang dapat digunakan untuk merubah kehidupannya yang bertujuan untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya , sekarang hanya tinggal keinginan dari masing-masing manusia itu sendiri untuk menggunakan tenaga tersebut . 

b) Mahluk yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
 
Dapat diartikan bahwa pada hakikatnya masing-masing manusia memiliki nasib yang baik namun terkadang justru manusia itu sendiri yang membawa nasibnya ke arah yang bukan semestinya , Tuhan Maha Adil karena meskipun manusia terkadang memabwa dirinya ke arah yang buruk namun Tuhan juga menciptakan suatu karakter dalam manusia yaitu manusia memiliki kemampuan untuk menentukan mengatur dan mengontrol dirinya bagaimana cara agar dirinya menjadi lebih baik dengan cara yang berbeda-beda tiap indivdunya .


c)  Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.

Manusia memiliki sifat tidak pernah puas sehingga memiliki kesan ingin memiliki semuanya dengan segala kemampuannya karena pada hakikatnya ketika seorang manusia telah mecapai suatu hal maka ia akan mencar hal lain yang lebih dari apa yang telah ia dapatkan sebelumnya sehingga inilah yang membuat manusia ingin selalu berkembang dan terus berkembang hingga ia tidak mampu lagi . 

d) Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat. 

Inilah sifat manusia yang sangat terlihat jelas dalam kehidupannya karena manusia tidak terlepas dari kesalahan yang terkadang membuat manusia bersifat diantara dua sifat yang jauh berbeda . Dalam suatu kondisi manusia berpeluang berbuat jahat apabila terdesak oleh suatu hal  yang mengharuskannya melakukan itu namun di sisi lain manusia juga dapat menjadi seseorang yang baik .



C .  PENUTUP


a) Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa manusia adalah ciptaan yang paling sempurna di bumi dan manusia merupakan pemimpin bagi manusia dan bagi sesama oleh karena itu kita sebagai sosok yang diberi amanah oleh Sang Penguasa Alam sudah sepantasnya berusaha melakukan yang terbaik dan meminimalisir potensi yang membawa kita kepada perbuatan jahat . 




b) Saran


Tentu semua berada pada pilihan masing-masing sebagai manusia , ada yang berusaha menuju kepada kebaikan dan ada pula yang tetap berada pada kesalahan yang terus dipertahankan dan solusi yang terbaik adalah selalu mendekatkan diri kepada-Nya dan dalam kehidupan sehair-hari selalu berusaha melakukan yang terbaik guna menjadi pribadi yang terbaik , baik dimata-Nya maupun dimata sesama manusia .


Sekian pembahasan pada kali ini kurang lebihnya saya mohon maaf dan apabila pembahasan pada kali ini kurang memuaskan pembaca harap berikan komentar positif anda guna kemajuan kita bersama .

Wassalamua'laikum . Wr Wb

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Folowers

About Me

Foto Saya
Agung Dermawan
studied hard !
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Popular Post

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Welcome to thomfilezone -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -