Posted by : Agung Dermawan Minggu, Maret 11, 2012

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum . Wr .Wb

Kami panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena rahmat dan kasih sayang-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah Ilmu Budaya Dasar ini.

Makalah Ilmu Budaya Dasar yang bertema kebudayaan pada kali ini saya susundengan harapan agar kita lebih mengetahui sejauh mana kebudayaan yang berkembang di Indonesia dan sekaligus memahami apa yang harus dilakukan untuk menjaga kebudayaan tersebut sehingga kebudayaan itu dapat menjadi cerita dan warisan bagi generasi selanjutnya .

Saya sebagai penulis tentu sangat mengharapkan kritik dan saran positif dari pembaca demi kemajuan dan kebaikan khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca .


DAFTAR ISI

BAB I  PENDAHULUAN
Latar Belakang  ..............................................................................  (A)
Tujuan               ..............................................................................  (B)

BAB II  ISI
Pembahasan      ...............................................................................  (C)

BAB III  PENUTUP
Kesimpulan       ................................................................................  (D) 
Saran                ................................................................................  (E)

                                                                                                                                         

BAB I 

PENDAHULUAN

A .  Latar Belakang 

Pada pembahasan kali ini saya mengangkat tema kebudayaan yang berjudul "Kebudayaan adalah ciri khas bangsa Indonesia", judul tersebut saya berikan bukann tanpa alasan karena penamaan judul tersebut sesuai dengan apa yang ada sekarang yaitu begitu banyaknya kebudayaan yang ada di Indonesia dan tentunya hanya bangsa Indonesialah yang memilikinya .  

Bangsa Indonesia sangat kaya akan Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusianya bukan hanya itu kebudayaanya juga melimpah ruah . Kebudayaan inilah yang membuat bangsa Indonesia seakan menarik bangsa lain untuk mengetahui sejauh mana indahnya kebudayaan yang ada di Indonesia . 


B .  Tujuan 

Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengingatkan kembali akan kebudayaan yang sekarang justru ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia sendiri selain itu juga untuk mengenalkan kepada generasi yang akan datang bahwa kebudayaan yang ada di Indonesia begitu melimpah sehingga merangsang generasi muda untuk lebih menghargai kebudayaan yang ada di Indonesia . 


BAB  II

ISI 

C .  Pembahasan

Sebelum kita membahas lebih lanjut kebudayaan alangkah lebih baiknya kita mengetahui definisi dari kebudayaan itu sendiri . Definisi kebudayaan memiliki arti yang sangat luas dan beragam namun tetap satu arti dan berikut adalah definisi kebudayaan dari beberapa tokoh ahli : 

a)  HERSKOVITS

Kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain.

b)  ANDERAS EPPINK

Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain . 

c)  Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. 

Dari beberapa definisi kebudayaan diatas dapat disimpulkan bahwa kebudayaan adalah suatu sarana hasil karya , rasa dan cipta yang mengandung keseluruhan aspek sosial dan diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi . 

Setelah kita mengetahui apa itu kebudayaan selanjutnya mari kita mengetahui kebudayaan apa sajakah yang ada di Indonesia dan mengapa kita harus menjaganya . Berikut adalah beberapa contoh kebudayaan yang ada di Indonesia : 

-  Upacara Adat Tabuik di Sumatera Barat 
-  Makepung, Balap Kerbau Masyarakat Bali 
-  Atraksi Debus Banten
-  Karapan sapi Masyarakat Madura Jawa Timur 
-  Batik 
-  Tarian Tradisional 
-  Lagu tradisional dan lain-lain 

Contoh diatas adalah beberapa contoh kebudayaan Indonesia yang sudah sepatutnya dijaga dan dihormati keberadaanya karena kebudayaan itu sendiri ibarat sebuah tanggung jawab yang harus dikerjakan bagi rakyat Indonesia . 

Marilah mulai sekarang dan selanjutnya kita menjadi pribadi yang menghargai jasa para pendahulu dengan menjaga warisan-warisannya yang berupa kebudayaan , karena jika kebudayaan ini dibiarkan tenggelam dengan maraknya budaya barat yang masuk di Indonesia bukan tidak mungkin kebudayaan di Indonesia ini hanya menjadi cerita yang diwariskan bagi generasi selanjutnya .

BAB III  

PENUTUP

D.  Kesimpulan 

Pada pembahasan kali ini kita dapat mengambil sebuah kesimpulan yang penting untuk kebaikan kedepannya bahwa kebudayaan ada bukan untuk hiburan yang hadir lalu lewat begitu saja tanpa ada usaha untuk melestarikannya , Kebudayaan ada untuk dihargai dan dijaga karena kebudayaan yang ada telah membuat bangsa Indonesia menjadi negara yang berbeda dari negara lainnya dan jangan sampai kita hanya membawa warisan cerita kebudayaan bagi generasi selanjutnya tanpa pernah tau apa saja budaya Indonesia namun seharusnya kita mewariskan ribuan kebudayaan yang menjadi corak bangsa Indonesia kepada generasi muda selanjutnya. Mari lestarikan dan jaga budaya kita ! 

E . Saran 

Indonesia kaya akan segalanya namun jika kekayaan tersebut tidak mampu diupayakan semaksimal mungkin dapat berakibat fatal bagi kemajuan bangsa indonesia . Penulis dan seluruh warga negara tentu memiliki keinginan dan harapan yang sama yaitu memajukan Indonesia dari segala aspek termasuk kebudayaan namun tentu hal tersebut butuh kerja keras dari semua pihak . Penulis menyarankan agar semua pihak tersebut lebih memperhatikan lagi hal sekecil apapun karena hal sekecil itu dapat menjadi besar jika terus diasah dan diplihara dengan kesungguhan . 

Sekian yang penbahasan kali ini , kurang lebihnya saya mohon maaf dan jika ada kekurangan dalam penulisan harap berikan komentar positif anda pada kolom komentar yang telah disediakan . 

Terima kasih 

Wassalamualaikum Wr Wb

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus

Folowers

About Me

Foto Saya
Agung Dermawan
studied hard !
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Popular Post

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Welcome to thomfilezone -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -