Posted by : Agung Dermawan Minggu, Maret 23, 2014

 


Flappy bird merupakan sebuah permainan yang dibuat oleh seseorang pemuda Vietnam berusia 29 tahun yang bernama Nguyen Da Hong pada tahun 2013 .

Dalam permainan tersebut Nguyen Da Hong mengambil tokoh seekor burung yang terus terbang melalui rintangan-rintangan berupa pipa-pipa berwarna hijau , semakin banyak rintangan / pipa yang dilalui maka makin banyak pula poin yang diperoleh sang pemain , namun pada kenyataannya banyak pemain yang mengaku kesulitan dalam memainkan permainan ini .

Dalam permainan ini pemain cukup menyentuh layar pada alat elektronik / gadget untuk menjaga keseimbangan dan melewati pipa-pipa yang ada .

Ada beberapa faktor yang membuat permainan ini menjadi sangat populer saat itu :

 Penasaran

Ya pada awalnya pemain hanya ingin mencoba permainan ini namun lama-lama pemain mulai merasa penasaran apakah ia bisa melalui rintangan-rintangan yang ada dalam permainan ini dan bahkan sang pemain tidak segan-segan untuk memposting gambar score / point yang diperoleh dari jerih payahnya .

Bersaing dengan pemain lain

Yang kedua mengapa permainan ini menjadi sangat populer adalah sebagai ajang persaingan antara pemain lain yang juga memainkan permainan ini , biasanya hal ini dipicu dari seseorang pemain yang memposting score/point ke media sosial dan kemudian memicu pemain lain untuk mengalahkannya hingga ajang persaingan terus berlanjut hingga score mencapai target yang diinginkan .

Pada saat itu hampir semua gadget/ alat elektronik memiliki aplikasi/permainan ini , ada yang mengaku sebagai bentuk partisipasi / ikut-ikutan saja namun ada juga yang memang memiliki tujuan untuk menyelesaikan permainan ini .

Dari alasan yang dikemukakan para pemain tersebut ternyata tidak berbanding lurus dengan umur permainan yang selama ini dimainkan karena pada awal tahun 2014 , permainan ini resmi ditarik dari pasaran dengan beberapa alasan-alasan yang belum teruji kebenarannya .

Sempat beredar kabar, Flappy Bird ditarik karena adanya keberatan dari pemilik game Super Mario Bros, Nintendo. Kabar ini ternyata tidak benar dan telah dibantah oleh pihak Nintendo .

Ada juga yang mengatakan bahwa sang pembuat permainan ini diancam dibunuh oleh pemainnya sendiri dengan alasan kesal dan marah karena ia tak kunjung berhasil menaklukan permainan ini .

Dari beberapa kabar burung yang ada berikut adalah alasan seseungguhnya yang dikemukakan oleh sang penciptanya Nguyen Da hong , Nguyen mengatakan bahwa sebenarnya dia menciptakan game ini untuk kegiatan bersantai para pemainnya. Nguyen tidak bermaksud membuat game Flappy Bird menjadi seadiktif itu. Nah, pada saat tujuannya sudah mulai melenceng, Nguyen akhirnya memutuskan untuk menarik Flappy Bird.

"Flappy Bird didesain untuk dimainkan selama beberapa menit pada saat Anda sedang berelaksasi” .

Selain itu juga sebelumnya Nguyen sempat menyebut popularitas yang didapatkan game ini telah merusak "hidupnya yang sederhana" , dengan artian bahwa popularitas yang diperoleh melalui permainan ini mengganggu ketenangan hidupnya dimana sebelum game ini populer , hidup Nguyen amat tenang dan sederhana .


Dari sekian banyak kontroversi yang diciptakan oleh permainan ini setidaknya manusia diseluruh dunia pernah mengetahui dan memainkan permainan yang menguji kesabaran ini .

REFERENSI


http://www.kaskus.co.id/thread/52f6f787a3cb17bf038b4629/flappy-bird-resmi-ditarik-dari-android-dan-ios-gan/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Folowers

About Me

Foto Saya
Agung Dermawan
studied hard !
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Popular Post

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Welcome to thomfilezone -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -