Posted by : Agung Dermawan Minggu, Maret 25, 2012

 A . DEFINISI CINTA 

Assalamualaikum Wr Wb

Jika kita mengucapkan kata "cinta" yang ada difikiran kita adalah suatu perasaan memiliki yang hadir kapan saja dan kepada siapa saja dengan tanpa paksaan dari pihak manapun , jika sesorang telah memiliki rasa cinta dapat diartikan bahwa individu tersebut akan memperjuangkan segalanya untuk suatu hal yang ia cintai .

Rasa cinta tersebut sangat luas artinya karena cinta sangat berpengaruh di dalam setiap individu yang ada  di muka bumi ini , rasa cinta tersebut dapat dituangkan kepada suatu hal yang berupa cinta kepada suatu pekerjaan , kepada pasangan , kepada suatu benda dan masih banyak yang lain . Pada pembahasan kali ini penulis akan membahas bentuk-bentuk cinta yang sering manusia tuangkan didalam kehidupannya .

Berikut penjelasannya :

1. CINTA KEPADA DIRI SENDIRI

Cinta kepada diri sendiri sangat identik dengan menjaga diri dari suatu hal yang dapat menghambat kualitas kehidupannya dan cenderung selalu berusaha mendekati suatu hal yang dapat membuat dirinya menjadi baik dan semakin baik meskipun terkadang menempuh jalan yang salah dalam mencapainya . Al-Quran tlah menjelaskan didalam surat  QS, al-Adiyat, 100:8 bahwa "Diantara gejala yang menunjukkan kecintaan manusia terhadap diri sendiri ialah kecintannya yang sangat terhadap harta, yang dapat direalisasikan semua keinginannya dan memudahkan baginya sedala sarana untuk mencapai keenangan dan kemewahan hidup"

2. CINTA KEPADA SESAMA MANUSIA

Cinta kepada sesama manusia sangat jauh berbeda dengan cinta kepada diri sendiri karena jika seorang manusia telah memawa dirinya untuk cinta kepada sesama manusia maka secar langsung manusia tersebut harus menekan segala bentuk ego yang ada didalam dirinya dan harus menyesuaikan dirinya dengan kepentingan bersama kepada orang yang dicintainya tersebut .

3. CINTA KEPADA ALLAH
 
Cinta kepada Allah adalah sebaik-baiknya cinta yang dilakukan oleh manusia karena cinta kepada Allah tidak akan membuat sesorang yang mencintai-Nya menyesal dan kecewa . Allah akan memberikan apapun seseorang yang mencintai-Nya dan Allah juga akan kembali mencintai orang tersbut dan tidak segan-segan akan mengampuni segala dosa-dosanya seperti surat Al-Quran dibawah ini .
 
Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah maha pengampun agi maha penyayang” (QS, Ali Imran, 3:31) . 

4 . CINTA KEPADA PEKERJAAN

Cinta ini sama halnya dengan cinta kepada sesama manusia karena manusia selalu memperjuangkan segenap kekuatannya untuk mempertahankan apa yang menjadi bagian hidupnya apalagi jika pekerjaan tersbut telah menjadi faktor pencaharian hidupnya , 

Kita ambil contoh pekerjaan dibidang TI , seseorang yang cinta terhadap pekerjaannya akan bersikap bahwa pekerjaan tersebut adalah sebuah amanah dari Allah yang harus dibagikan kepada orang lain agar ilmu yang dimilikinya tersbut dapat bermanfaat bagi sesama selain itu juga seseorang yang cinta kepada pekerjaannya dibidang TI tersebut menilai bahwa pekerjaan dan keahlian yang dimilikinya tersebut harus menjadi balik modal untuknya yang berupa uang dan menjadi pahala baginya dengan cara membantu sesama dengan kemampuannya . 

Sekian pembahasan yang dapat penulis jabarkan semoga kita semua menjadi pribadi yang  menilai sebuah  keahlian yang kita milki sebagai amanah dari Tuhan sehingga membuat kita menjadi pribadi yang rendah  hati  dan bermanfaat bagi sesama . 
Penulis memohon maaf apabila dalam penulisan mengalami bbanyak kekurangan karena yang benar itu datangnya dari Allah dan kesalahan terdapat didalam diri penulis 

Wassalamuaialikum Wr Wb .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Folowers

About Me

Foto Saya
Agung Dermawan
studied hard !
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Popular Post

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Welcome to thomfilezone -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -