Posted by : Agung Dermawan Kamis, Oktober 27, 2011

I. INDIVIDU 

Sebagai manusia kita ditakdirkan sebagai mahluk sosial dan mahluk individu dimana saat manusia berperan sebagai mahluk individu memiliki suatu ciri khas / sesuatu yang membedakan kita dengan orang lain dari ciri khas tersebut dapat diketahui pula sifat dan karakteristiknya .

Pada saat manusia berperan sebagai mahluk individu atau perseorangan berarti seseorang tersebut dapat dikatakan hidup atau tinggal bersama individu yang lain dan diartikan juga belum termasuk interaksi sosial dengan atau antar individu disekitarnya . Pada saat seperti ini individu tersebut cenderung mengeluarkan kemampuannya untuk menghadapi masalah yang dimiliki , sehingga tak jarang begitu banyak masalah-masalah baru yang timbul akibat banyaknya pula cara menyelesaikan masalah yang berbeda dari masing-masing individu .

Berikut adalah masalah yang muncul :

1. Masalah antara dua orang 

    Masalah seperti ini mungkin setiap orang pernah mengalaminya , masalah ini sering dipicu karena hal kecil kita ambil contoh seperti ini , mungkin karena masalah yang dihadapi oleh individu A belum selesai sepenuhnya tiba-tiba individu B datang tentu dengan pembawaan yang berbeda sehingga individu A yang merasa bahwa masalahnya belum selesai merasa terusik dan individu B juga merasa demikian sehingga terjadilah kesalah pahaman yang dapat menimbulkan perkelahian .

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa setiap individu memiliki masalahnya masing-masing dan memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikan masalahnya tersebut sehingga dari cara yang berbeda tersebut terkadang dapat membuat individu lain merasa terganggu karena pastinya tiap individu selalu menganggap bahwa cara yang dia lakukan adalah benar .

Jika menyangkut dengan individu berarti menyangkut juga privasi/rahasia pribadi seseorang sehingga untuk mencari solusi dari masalah diatas adalah kesadaran dari masing-masing individu bahwa dalam hidup bermasyarakat diperlukannya rasa tenggang rasa dan gotong royong terhadap sesama sehingga jika seseorang individu melakukan perkelahian,tawuran dan perang di negara ini dapat diakatakan perilaku tersebut adalah perilaku melanggar hukum dan pantas diberikan sanksi sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku di indonesia .


II. KELUARGA

Jika kita membahas suatu keluarga maka tentunya yang ada difikiran kita semua merupakan kumpulan dari individu yang memiliki hubungan darah dan memiliki kewajiban dan tanggung jawab antara individu tersebut .

Karena keluarga merupakan kumpulan dari individu berarti dalam kelurga tersebut telah terjalin suatu interaksi sosial dan berarti pula individu berperan sebagai mahluk sosial dimana di dalam hidupnya manusia membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri .

Jika dalam pembahasan sebelumnya individu cenderung menyelesaikan masalahnya sendiri jika berperan sebagai mahluk individu lain halnya dengan individu yang berperan sebagai mahluk sosial di dalam lingkungan keluarga karena jika individu telah memiliki kelompok sosial maka ia cenderung melibatkan individu lain di dalam kelompok sosialnya untuk membatunya menyelesaikan masalahnya .

Namun ketika individu berperan sebagai mahluk sosial bukan berarti tanpa masalah justru karena menjadi mahluk sosial maka masalah yang akan dihadapi juga akan semakin banyak dan beragam yang tentunya harus diselesiakan secara kelompok sosial bukan secara individu .

Berikut adalah masalah yang timbul saat individu berperan sebagai mahluk sosial baik di dalam keluarga dan masyarakat :

1. Masalah Antar Kelompok-kelompok Sosial
a. Masalah Antar Anggota Keluarga

Pada saat seseorang mengalami masalah dengan orang lain dalam keluarga maka ia cenderung akan menceritakan dan meminta bantuan kepada anggota keluarga yang lain untuk meyelesaikan atau minimal memberikan solusi akan masalahnya .
Contoh : 
Jika seorang adik memiliki masalah dengan sang kakak maka biasanya sang adik akan sangat terbuka menceritakan maslahnyanya tersebut kepada anggota keluarga yang lain dalam hal ini adalah Ayah , Ibu atau anggota keluarga lainnya untuk sekedar menacrikan solusi yang terbaik agar masalah yang ada tidak berlarut-larut.

b. Tawuran Antar Kelompok Agama

Peristiwa seperti ini sering terjadi dan dapat dilihat dimana-mana khususnya media elektronik seperti televisi yang dengan lugas menampilkan tawuran atau perselisihan antar kelompok agama . Dalam hal ini hendaklah menjadi suatu pembelajaran agar peristiwa seperti ini tidak terulang dan tidak memakan korban yang semakin bertambah . 

Di negara kita ini pemerintah memberikan kebebasan kepada rakyatnya untuk menganut agama sesuai keinginannya dan seharusnya sebagai negara yang dikenal dengan prinsip Bhineka Tungal Ika ini mampu mengatasi perbedaan tersebut dengan hati terbuka karena yang seharusnya terjadi adalah antar kelompok agama dapat berjalan berdampingan/harmonis ditengah perbedaan yang ada bukan justru mengkalim bahwa agamanyalah yang benar .

c. Masalah Antara Kelompok Terorganisir dan Kelompok Tidak Terorganisir

Dalam pembahasan ini kita dapat ambil contoh dari demonstrasi yang seringkali menimbulkan konflik antara demonstran dan anggota kepolisian yang mentertibkan proses demonstrasi .

Masalah yang terjadi adalah dipicu karena dari pihak demonstran yang melakukan demonstrasi merasa polisi mengganggu dan menghambat aspirasi mereka untuk sampai kepada seseorang atau instansi yang mereka inginkan sedangkan dari anggota kepolisian karena merasa ia sedang menjalankan tugasnya sehingga ia terkadang mudah terpancing amarahnya karena ulah sang demonstran yang sulit untuk diberikan pengertian sehingga terjadilah kesalah-pahaman antara demonstran dan aggnota kepolisian . 

Adapun solusi untuk maslah diatas adalah :

- Hendaknya para demonstran yang melakukan demonstrasi memperhatikan peraturan tentang apa saja yang harus dilakukan pada saat sebelum dan pada saat  melakukan aksi demo atau menyampaikan aspirasi mereka , hal ini dimaksudkan untuk terciptanya ketertiban , baik ketertiban lalu lintas maupun ketertiban lingkungan


III. MASYARAKAT 

Jika individu merupakan perseorangan dan keluarga merupakan kumpulan individu yang memiliki hubungan darah maka masyarakat merupakan kumpulan individu yang menjadi satu baik yang memiliki hubungan darah atau tidak karena menetap disuatu wilayah sehingga terjalin sebuah interaksi sosial didalamnya .

Sudah pernah dibahas dalam pembahasan sebelumnya bahwa dalam hidup bermasyarakat seringkali ditemukan berbagai konflik dan masalah akibat adanya individu yang membetuk kelompok sosial dama masyarakat yang tentunya dapat berdampak buruk kepada negara ini jika tidak ditangani .

Berikut masalah yang seringkali terjadi :

a. Penggusuran tempat dagang dan rumah tanpa IMB dan tanpa SITU ,

Di berbagai media elektronik sering sekali menampilkan penggusuran rumah dan lahan perdagangan tanpa IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan SITU (Surat Izin Tempat Usaha) , masalah yang terjadi adalah konflik antara warga yang mengalami penggusuran dengan pihak yang melakukan penggusuran karena dari pihak warga yang digusur tempat tinggal atau lahan usahanya mengaku sering membayar uang bangunan tiap bulannya kepada seseorang yang tidak diketahui asal-usulnya sedangkan dari phak yang memliki lahan merasa tidak terima jika lahannya dijadikan tempat usaha bagi orang lain .

b. Razia Gelandangan dan Pengamen

Konflik yang terjadi kali ini memang sering disaksikan di berbagai tepat khususnya di kota-kota besar , puncak masalahnya adalah seringkali pengamen,pengemis dan gelandangan ini kejar-kejaran dengan petugas karena merasa tidak pantas ditangkap dan dirazia petugas karena mereka menganggap bahwa mereka hanya mencari nafkah bagi keluarganya dan mereka juga menganggap masyarakat tidak merasa terganggu dengan adanya mereka sedangkan dari pihak petugas merasa mereka hanya menjalankan tugasnya untuk mentertibkan kota .

Dari masalah diatas dapat dicarikan solusi bahwa seharusnya pengamen,pengemis dan gelandangan memiliki jaminan akan kehidupannya dan mereka haruslah mendapatkan tempat hunian yang layak dan selain itu perlu disediakan bagi mereka lapangan kerja yang luas untuk menenkan tingkat kemiskinan , pengangguran dan tindak kriminal di Indonesia .

Masih banyak lagi contoh yang merupakan masalah ketika kita hidup bermasyarakat , contoh diatas merupakan dua contoh dari sekian banyak contoh masalah yang harus segera dicarikan solusinya karena jika tidak akna berdampak buruk bagi kemajuan bangsa ini , ini adalah masalah bersama yang melibatkan rakyat dan pemerintahnya .


IV. HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU , KELUARGA DAN MASYARAKAT


Dari gambar diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa kita memulai semuanya dari individu/dari diri kita sendiri setelah itu terbentuk perkumpulan antar individu yang memiliki hubungan darah atau keluarga dan dari sinilah masing-masing individu membentuk karakter pertama kalinya , setelah itu sebagai mahluk sosial tentu individu memiliki keinginan untuk bersosialisasi dan membentuk sebuah masyarakat yang nebcakup perkumpulan individu yang lebih luas . Dalam hal ini individu , keluarga dan masyarakat memiliki hubungan dimana antar hubungaan tersebut mengalami proses interaksi sosial yang bertahap .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Folowers

About Me

Foto Saya
Agung Dermawan
studied hard !
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Popular Post

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Welcome to thomfilezone -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -